Gambar

Atonement May 21, ’08 3:08 PM

Gambar Posted on

for everyone
Category: Movies
Genre: Drama
Wednesday : 21 Mei ’08 : 14.19 wib

Hati-hati terhadap rasa iri dengki. Iri membuat kita,insan manusia mampu menjadi (berbuat,berniat,berpikir) buruk dan jahat. Karena penyesalan pastinya datang di akhir kemudian.

Atonement : Taubat,penebusan dosa. Film ini adaptasi dari novel dengan judul yang sama ditulis oleh Ian McEwan. Cerita seorang adik (Briony Tallis) yang iri akan kisah cinta kakaknya (Cecilia Tallis diperankan oleh Keira Knightley) terhadap Robbie Turner,seorang pekerja kebun dan putra dari pengurus rumah keluarga Tallis diperankan oleh James McAvoy.
Robby ini biarpun hanya sebagai tukang kebun tapi disekolahkan oleh ayah Cecilia,bersama Cecilia. Briony kecil ini merasa jatuh cinta dengan Robbie. Tapi nyatanya Robbie jatuh hati terhadap Cecilia dan berniat untuk menjadi kekasihnya,begitupun Cecilia yang memiliki perasaan yang sama terhadap Robbie.

Akhirnya Briony yang memiliki imajinasi tinggi dalam menulis ini melakukan hal yang menyudutkan Robbie. Agar kakaknya Cecilia dan Robbie berpisah. Dan hal ini membuat semuanya berubah. Tinggal Briony yang semakin beranjak dewasa,dan mampu menguasai diri mencari pengampunan atas dosanya.

Filmnya bersetting di tahun 1935,suasana perang masih diperlihatkan. Penceritaannya agak lamban. Tapi menariknya,film ini bertutur dari sisi yang barganti (sisi Cecilia atau sisi Briony). Briony di ceritakan sejak remaja hingga sudah tua. Sampai ia menuliskan novel berjudul Atonement ini dengan akhir yang berbeda.

Berdasarkan novel tapi dituangkan dengan apik,lihat lah akting Keira yang di usianya menjadi gadis matang namun sedikit acuh,dengan gayanya yang sexy.

Tags:

Iklan

Iron Man May 21, ’08 3:18 PM

Gambar Posted on Updated on

for everyone
Category: Movies
Genre: Action & Adventure
Wednesday : 21 Mei ’08 : 14.50 wib

Film yang ringan dan sedang-sedang saja. Film yang diadaptasi dari komik Marvell ini berkisah tentang superhero. Tapi tidak seperti Spiderman yang tidak ingin diketahui identitasnya.

Stark Industries merupakan perusahaan Senjata mutakhir yang di miliki oleh Tony Stark (Robert Downey Jr.) seorang penemu genius, (diceritakan sejak kecil sudah menampakkan kecerdasannya) yang mampu membuat senjata-senjata mematikan hingga membuatnya menjadi kaya raya.

Hingga di suatu waktu, Tony Stark mengalami penculikan dari pihak musuh dan di paksa untuk membuat senjata yang memiliki kekuatan yang sama yang pernah ia buat. Tapi di tengah-tengah pembuatan tersebut, Tony malah membuat baju baja yang memiliki kemampuan agar dapat membantunya keluar dari penculikan tersebut.

Namun,setelah kebebasannya Tony berubah menjadi jiwa yang penyayang dan penolong. Obsesinya membantu orang-orang yang tertindas dan menjatuhkan musuh-musuhnya. Ia pun berkutat did alma labnya untuk kembali membangun apa yang menjadi obsesinya. Dan menjadi Iron Man.

Tugas pertamanya sendiri di buktikan dengan melawan dan menghancurkan rekan sekerjanya.
Filmnya seru,yaa….serasa lelaki banget. Tapi yang kangen dengan Gwyneth Paltrow,bisa deh lihat di film ini. Sejak melahirkan,kayaknya doi lama nggak main film.

Tags:

Gerhana Kembar May 6, ’08 4:26 PM

Gambar Posted on

Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: Clara Ng
Selasa : 06 Mei ’08 : 16.08 wib

Cerita ini di publikasikan sebelumnya di harian Kompas. Karena malas menunggu kelanjutan ceritanya di koran yang “secuil2” akhirnya membeli dan membaca bukunya langsung saja. Berhubung temanya cukup bagus dan ternyata Clara Ng membuatnya dalam bentuk buku,pas deeh…

Alur cerita maju mundur,masa lalu sang nenek Lendy (tokoh utama),Felicia Diana Susanto (Diana) yang menyukai sesama jenis dengan Henrietta Selina. Lendy menemukan script yang menceritakan kisah cinta dua manusia sesama wanita,yang dicurigai di tulis dan berdasarkan pengalaman sang Nenek (Diana).

Lendy ingin membuktikan dan ingin tahu lebih jauh kisah neneknya,dan ibunya (Eliza) yang juga turut diceritakan di script tersebut. Apa yang terjadi dengan hubungan mereka dan bagaimana kisah Diana,Selina juga Eliza dalam menjalani semuanya.

Di cerita saat kini Diana sedang terbaring sakit di RS,dan Lendy pun berusaha membuat keputusan untuk neneknya agar menjadi “lebih baik” dengan Henrietta Selina yang sama-sama sudah menjadi oma.

Ceritanya memang datar tidak ada intrik yang panjang,ringan-ringan saja,dan aman,karena mungkin Clara baru saja mencoba untuk bercerita tema seperti ini ya…(terlihat di “Dari Meja Clara Ng”) Tulislah apa yang BELUM kauketahui. Jadi agak berhati-hati dalam mengungkapkannya. Toh memang awalnya kisah ini dipublikasikan di koran.

Bacaan ringan namun dari tema yang beda.

Tags:

Harry Potter dan Relikui Kematian (Harry Potter and The Deathly Hallows) May 6, ’08 4:03 PM

Gambar Posted on

for everyone
Category: Books
Genre: Other
Author: Joanne Kathleen Rowling
Selasa : 06 Mei ’08 : 15.30 wib

Inilah buku terasyik,seru,menegangkan dan menjadi candu,pas deh. Dari awal cerita sampai di akhir cerita benar-benar memikat dan rasanya saat membaca tak ingin berhenti,ingin tahu kelanjutan seterusnya. Disini Rowling benar-benar pintar mengolah cerita. Ia mampu membuat jalan cerita stabil dan sesuai dengan petualangan-petualangan yang dibagun Harry Potter pada masa-masa sebelumnya.

Rowling membuka tabir,dibalik cerita selama ini atas Harry Potter,Lord Voldermort dan lainnya. Dibuku inilah ingatan qta kembali mundur,karena di buku ini beberapa menceritakan atau menyebutkan semua yang berhubungan dengan Harry,dan itu sebagian mengingatkan jalan ceritanya di buku sebelum-sebelumnya. Salut dengan Rowling yang begitu matang dalam pembuatan buku Harry Potter ini. Ia mampu menceritakannya dengan baik.

Simak “Ke Tujuh Potter” dan “Pejuang Yang Jatuh” disini penyelamatan Harry dari keluarga Dursley dibantu dengan order phoenix,begitu seru. Karena di awal cerita sudah ada korban nyawa yang pertama. Petualangan Harry,Hermione dan Weasley di buku ini beragam dari hutan yang satu ke hutan yang lain (“Tempat untuk Bersembunyi”,”Kisah Kreacher”) untuk menghindari serangan Lord Voldermort dan para pelahap maut.

Yang menegangkan dan menyedihkan dimulai dari “Malfoy Mannor” disini mereka bertiga sudah mulai bertempur walau tidak dengan Lord Voldermort. Tapi disinilah pejuang itu jatuh kembali,setelah menyelamatkan mereka bertiga,Dobby akhirnya tewas oleh serangan Bellatrix.

Rowling juga menceritakan kesetiakawanan teman-teman Harry saat bersama-sama di Laskar Dumbledore (“Pasangan Cermin Sihir”). Neville begitu tangguh dan menjadi berani membela yang menjadi keyakinannya.

“Pertempuran Hogwarts” lah awal nya hingga di “Cacat Dalam Rencana” Harry harus beradu dengan Lord Boldermort (akhirnyaa…).

Di buku ini banyak segmen cerita, dari sisi Hermione yang cerdas dan brillian sekali disaat-saat genting berhasil membantu Harry saat kesempatan. Persahabatan Weasley terhadap Harry dan Hermione yang di uji. Pengorbanan pejuang-pejuang yang gugur untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dan tentunya rahasia-rahasia petualangan Harry Potter sendiri.

Tak sabar ingin melihat secara visual dari buku ini,tapi kelihatannya masih lama hadir. Dan sepertinya di buku ini akan di pecah menjadi dua di filmnya. Yang ada,sementara ini ya…memutar kembali kenangan dengan Harry Potter,baik visualnya n bukunya hehehe….siiipp dehhh..

Salut untuk Rowling,Harry Potter n crew dan penerjemah Gramedia (Listiana Srisanti) tentunya,yang menjadikan buku ini mampu dimengerti dengan baik
Tq…:-)

Tags

Musafir Cinta Apr 21, ’08 11:19 AM

Gambar Posted on

Category: Books
Genre: Religion & Spirituality
Author: Taufiqurrahman Al-Azizy
Senin : 21 April 08 : 11.01 wib

Novel ini sebenarnya adalah salah satu dari trilogi “Makrifat Cinta” yang terdiri dari “Syahadat Cinta”,”Musafir Cinta” dan “Makrifat Cinta”. Tapi menurut penulisnya,pembaca dapat membacanya dengan terlepas dari novel sebelumnya tanpa kehilangan kekuatan cerita dan maknanya.

Kisahnya sendiri di Musafir Cinta ini,terinspirasi dari kisah Nabi Ibrahim yang mencari San Pencipta. Nah di novel ini disesuaikan dengan zamannya dalam pencarian tersebut layaknya seorang musafir.

Penuturannya sederhana,tidak terlalu banyak kata-kata yang mendalam. Seperti kehidupan aslinya. Tokoh utamanya bernama Iqbal,ia mengembara ke sebuah kota. Dalm perjalanan ia bertemu dengan penumpang bus lain dan berdebat/tukar pikiran tentang islam cukup lama dengan penumpang lain tersebut.

Sampai di sebuah kota,ia bertemu Firman dan kawan-kawannya. Sampai Iqbal pun tinggal bersama dengan keluarga Firman. Tindak tanduk Firman yang meresahkan orangtuanya,meminta bantuan Iqbal agar Firman kembali kepada jalan yang benar. Namun sisi gelap Firman tidaklah segelap hatinya. Karena Firman sebetulnyapun dalam pencarianNya dengan caranya sendiri.

Memandang seseorang tidaklah hanya dari tabiat buruk yang dihasilkannya. Qta harus memandang dan menyelaminya lebih dalam.

Tags:

Ayat-ayat Cinta Apr 17, ’08 11:14 AM

Gambar Posted on

for everyone
Category: Movies
Genre: Drama
17 April ’08 : Kamis : 11.02 wib

Filmnya tidak seberkesan seperti di novelnya. Ada hal-hal yang tidak ditayangkan di film ini. Jadi filmnya sebenarnya ringkasan dari novelnya,begitukah??Tapi idenya juga diambil dari sisi poligami nih sepertinya. Kalau di novelnya kan,cerita yang mirip dengan tindakan sang Rasul.

Ya,film dan novel jelas berbeda,pengejawantahan sebuah novel ke film memang tidaklah harus sama persis. Jadi ini cukup mewakili tapi tidak cukup berkesan. Semestinya bisa lebih luas lagi di explore.

Tapi,dengan adanya film religi begini. Istilahnya film yang lain dari yang lain ini,membuat orang menjadi ingin tahu. Ramailah teater/bioskop-bioskop kita oleh penonton. Yang tadinya tabu/tidak pernah ke bioskop jadi ikutan nonton karena temanya religi.

Kalau yang sudah baca novelnya,lalu lihat filmnya kemungkinan ada sedikit kecewa. Tapi kalau belum pernah baca novelnya,langsung lihat filmnya,bisa menangis-angis terharu lalu segera mencari tahu dan membaca novelnya atau bisa juga berkesan biasa saja atau malah “it’s nice movie!”.

Keseluruhan,salut untuk Film Indonesia yang mengusung tema yang BerBeda!

Tags:

In The Name Of Love Apr 10, ’08 11:33 AM for everyone

Gambar Posted on

Category: Movies
Genre: Kids & Family
Sunday : 6 April ’08 : 10.56 wib

Akhirnya MP bisa dibuka dengan proxy…gara-gara film Fitna jadi diblokir,regulasi yang tidak populerr..

Ya…film In The Name Of Love,film yang dibintangi oleh banyak nama. Kisahnya antara 2 keluarga yang sudah berseteru sejak lama,saling perang dan musuhan. Lalu,hingga mereka memiliki keluarga besar dan putra putri mereka bertemu hingga jatuh cinta. Maka bagaimana caranya dua anak manusia tersebut memperjuangkan cinta mereka dengan kondisi yang saling memusuhi tersebut.

Diantara pemainnya
Keluarga Hidayat:
Cok Simbara (SATRIO HIDAYAT) dan Tutie Kirana (KARTIKA HIDAYAT) memiliki 3 orang putra diantaranya
Lukman Sardi (ARYAN HIDAYAT),Tengku Firmansyah (ADITYA HIDAYAT) dan Vino G. Bastian (ABIMANYU HIDAYAT).
Keluarga Negara:
Roy Marten (TRIAWAN NEGARA) dan sang istri Christine Hakim (CITRA MUSTAFA) memiliki 5 orang anak diantaranya Luna Maya (RIANTI PUTRI NEGARA PRASETYO) bersuamikan Dicky Wahyudi (GILANG PRASETYO),Yama Carlos (PANJI PUTRA NEGARA),Nino Fernandez (BANYU PUTRA NEGARA),Acha Septriasa (SASKIA PUTRI NEGARA) dan pendatang baru yang dimainkan oleh Panji Rahadi (DIRGA PUTRA NEGARA).

Nah putra Hidayat,Abimanyu jatuh cinta dengan Saskia dari keluarga Triawan Negara.
Mestinya ini film kalau dari idenya,bisa dijadikan dialog dan peran yang kuat buat para pemainnya. Tapi mungkin karena ini namanya kerja sama antara produser,sutradara dan penulis skenario jadi kesannya amburadul. Harusnya kisah dua anak manusia tersebut bisa di perkuat lagi ceritanya (kan jadi mirip Romeo and Juliet,yang modern tuh) tapi kan tetep terngiang di hati penontonnya.

Filmnya ada beberapa kekurangan,gambar film jadi berwarna sephia alias kekuning-kuningan,suara tidak maksimal,pengambilan gambar yang terlalu dekat dengan para pemain,musiknya kurang pas,dialog antar pemain kurang berisi,cerita yang mirip dengan gaya sinetron,wardrobe n make up yang biasa,alur cerita yang lamban jadi kurang menghibur dan terkesan biasa-biasa saja. Apalagi di akhir cerita ternyata bersambung…(nah lho).

Kelihatannya cirinya Rudy Sudjarwo ada intrik yang pake unsur tembak-tembakan (seperti di 9 Naga),kekerasan (Mengejar Matahari & 9 Naga) juga cerita yang lamban. Jadi yang nonton agak bosen.
Sayang nih film,kurang maksimal dalam pengerjaannya,ini kekurangan budget apa menghemat budget ya…hehehe…

Yang menarik ehmm..dialog Saskia dengan adiknya Dirga di kamar,karena ada senyum sedikit disana. Yaa..paling lihat aktingnya Vino aja disana yang terlihat lumayan sexy (huehehehe…).Sisanya terkesan didramatisir seperti di sinetron.

T