5 cm

5 Cm

Posted on Updated on

Film besutan Rizal Mantovani ini diangkat dari judul buku yang sama karya Donny Dhirgantoro. Temanya persahabatan 5 orang yang diselipkan rasa nasionalis dan tentunya unsur asmara diantara mereka. Jujur dibanding dengan bukunya,saya lebih menyukai filmnya karena sinematografinya yang memanjakan dan dapat dinikmati.

5 orang sahabat itu antara lain Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah), Genta (Fedi Nuril), Ian (Igor Saykoji) dan Arial (Denny Sumargo). Di film ini diceritakan dari sudut pandang Zafran yang selalu puitis. Kelima sahabat ini sudah sangat mengenal karakter masing-masing dengan baik.

Sampai Genta merasa harus keluar dari ‘zona nyaman’nya bersama mereka sekaligus memberi ruang dan waktu untuk masing-masing berkreatifitas diluar. Maka Genta mengusulkan untuk tidak saling berhubungan selama 3 bulan dan disetujui oleh sahabat lainnya.

Maka disitulah kegiatan mereka berlima berputar. Ada Ian yang ingin segera menyelesaikan skripsinya. Lalu Riani yang gelisah oleh kehidupan asmaranya atau Arial,yang memiliki tubuh kekar tapi masih belajar mengendalikan diri saat berdekatan dengan wanita.
Akting yang menyita perhatian adalah Herjunot,ia seperti menyatu dengan perannya sekaligus lucu tanpa dibuat-buat. Adegan yang saya suka saat Zafran sedang chat dengan Riani dan tiba-tiba listrik padam begitu saja :D. Lain lagi disaat ia menghubungi Dinda adik Arial dengan hitungan kosakata yang ia miliki lalu gayanya yang puitis ditambah mimik wajah yang menggelikan :))

Setelah 3 bulan Genta mengirimkan pesan ke 4 sahabatnya untuk bertemu di Stasiun Kereta dengan membawa perbekalan secukupnya. Ditambah Dinda (Pevita Pearce) adik Arial yang ikut juga,maka mereka berenam menuju Stasiun Malang,Jawa Timur lalu melanjutkan perjalanan menuju pendakian Gunung Semeru,dimana Mahameru sebagai puncaknya tepat di hari kemerdekaan Indonesia.

Sebenarnya dialog yang ditawarkan ringan dan penuh guyonan. Tak lupa ajang ledekan yang selalu ditujukan ke Ian,kesannya menjadi bulan-bulanan.

Kalau detail nonton filmnya maka akan banyak hal janggal pada film ini,kurang mengena. Tapi karena diselamatkan oleh sinematografi yang cantik ditambah soundtrack yang diisi oleh grup band Nidji maka menjadikan film ini lumayan memikat :))

5 cm Jul 9, ’08 11:12 AM

Posted on

for everyone
Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: Donny Dhirgantoro
Wednesday : 9 Juli ’08 : 10.20 wib

“Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita,kamu taruh di sini,di depan kening kamu…jangan menempel. Biarkan… dia…Menggantung…Mengambang…5 Centimeter…di depan kening kamu….Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.”
(Maksud 5cm)

Adalah Arial,Riani,Zafran,Ian dan Genta yang meramaikan bacaan 5cm ini. Mereka yang menyebutkan sebagai Power Rangers.

Arial,tokoh terganteng diantara teman-temannya. Bertubuh atletis,tinggi dan item.

Zafran seorang penyair yang selalu bimbang,yang selalu tergila-gila dengan “individual post charismatic character”. Zafran percaya bahwa ia sebenarnya keturunan Achilles (film Troy) karena ia merupakan orang yang lain dari orang kebanyakan.

Ian,Tubuhnya bengkak sendiri. Fanatik terhadap sepak bola dan memiliki ritual memburu VCD porno.

Genta,Yang paling enak diajak bikin lagu atau puisi bareng,paling enak diajak ke Glodok atau main bola di PS,paling enak diajak curhat. Pokoknya Genta lah yang paling enak. Dan Genta diam-diam fans alias naksir berat dengan Riani.

Riani,Perempuan sendiri. Berkacamata,cerdas dan cantik.

Nah mereka berlima ini dari dulunya sudah sering dan selalu bersama-sama. Sampai suatu saat karena terdorong oleh rasa bosan diantara mereka. Mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Dan selama tiga bulan itu banyak hal terjadi pada mereka.

Setelah tiga bulan,pertemuan yang dipenuhi rasa rindu. Membuat suatu perjalanan yang tak terlupakan dan merubah banyak hal.
Mereka mendaki Mahameru.

Disinilah sebenarnya keseruan novel Donny. Penceritaan akan pemandangan,situasi yang mereka singgahi saat menuju Mahameru. Sejak dari Jakarta sampai malam-malam mereka di Ranu Pane,Arcopodo,Ranu Kumbolo hingga mencapai puncak siap melakukan upacara bendera di atas sana.

Kisahnya sebenarnya patriotik. Donny ini seorang yang hapal lirik lagu-lagu dan quote film ataupun tokoh. Tapi (untungnya) saya tahu banget (paling nggak pernah mengalami masa itu) tuh sama yang dikutip Donny di novel ini,jadi enjoy aja dan malah jadi sama-sama inget zaman dulu hehehe….

Di sini masing-masing tokoh gak ada yang jahat atau nakal-nakal. Kalau bandel-bandel sedikit sih ada. Tapi dasarnya ke 5 tokoh tersebut diciptakan Donny orang baik-baik. Isinya menyangkut kecintaan pada bangsa,tanah air,alam kita Indonesia.

Saat baca perjalanan mereka ke Mahameru yang asyik,rasanya jadi pengen ikutan kesana hehehe….

Tags: