Bastian dan Jamur Ajaib

Posted on Updated on

Bastian dan Jamur Ajaib

Kumpulan cerita pendek cukup asyik dibaca bila jalan ceritanya tidak membosankan dan tentunya punya sisi lain yang berbeda. Kumpulan cerpen Ratih Kumala sebuah selingan,ceritanya beragam tapi tetap enak dinikmati. Beberapa ceritanya yang berkesan seperti;

Ode Untuk Jangkrik,makhluk kecil bernama jangkrik ini bisa jadi hal penting bagi Aldi,bocah yang sedang hobi mengadu jangkrik dengan temannya. Maka dikala jangkrik yang ia pelihara kemudian tertukar dengan jangkrik untuk pakan ayam milik bapaknya,Aldi pun ngambek :mrgreen:

Nonik,Nonik sosok anak jaman sekarang yang terpenjara oleh keadaan. Sedangkan Aida,anak baik-baik yang secara kebetulan kenal dengan Nonik. Sekedar kenal sampai saat bapak-bapak dari kepolisian menanyakan tentang Nonik,Aidapun tak banyak menjawab.

Nenek Hijau,cerita ini seperti dongeng sebelum tidur. Mengisahkan banyak anak laki laki disuatu desa,apabila malam menjelang saat mereka tidur maka si anak laki laki merasa digoda oleh seorang nenek hijau kemudian membuat terbangun lalu memiliki perasaan malu. Konon setelah mengalami mimpi dengan nenek hijau keperjakaan mereka telah luntur.

Telepon,masa-masa telepon masih bernada Kring..masa dimana pacaran masih menjadi hal yang malu malu sampai keadaan menjadi tidak memungkinkan dalam sebuah pernikahan kemudian berpisah, namun dari telepon semua bisa bermula.
Saya jadi baru tahu mungkin beginilah pekerja penggali kuburan yang diminta pengembang guna mendirikan sebuah gedung,mall atau hotel. Cerita Ah Kauw sebagai penggali kuburan sepertinya  tidak direstui leluhurnya. Walaupun penghasilannya lumayan,Ah Kauw sial juga.

Rumah jompo bagi orangtua adalah hal yang membosankan. Bagi mereka,ditempatkannya di sebuah panti sudah pasti merasa dibuang oleh keluarganya. Tak ada lagi yang menyayangi dan mengurusnya. Seperti nenek Yasmin yang saat ini di rumah jompo. Ia merasa kesepian,tapi setelah ia dapat melihat seorang Lelaki di Rumah Seberang ia kini memiliki aktifitas. Mengamati kegiatan lelaki tersebut,sampai ia akhirnya menjadi saksi apa yang terjadi pada lelaki tersebut.

Foto Ibu.

“Ibuku,seperti foto-fotonya,tahu sisi mana yang paling apik yang harus diperlihatkan kepada orang lain.
Kepadaku. Meski itu berarti ia harus menahan diri.”
“Aku tahu Bu,sesekali kau ingin girang menari. Maka izinkanlah jarum bertinta itu bermain di kulitku,kau boleh berdansa di punggungku.”

Bastian dan Jamur Ajaib. Bastian harus mengobati patah hatinya. Ia berkelana mencari pil lupa cinta. Ia menemukan jamur ajaib. Beberapa waku ia lupa akan Raquel. Jamur ajaib membuat Bastian ketagihan. Karena mampu membuka luka hati.

Cukup variatif ceritanya,ada sedikit lucu lalu ada sedikit absurd kemudian cerita sendu atau mungkin cerita sehari hari. Intinya,kumcer ini lumayan,tidak terlalu jelek juga.

Iklan

2 thoughts on “Bastian dan Jamur Ajaib

    Erna said:
    3 Februari 2016 pukul 15:08

    blom baca…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s