American Sniper

Posted on Updated on

Lagi-lagi film nominator Oscar yang serius. Kali ini kembali diangkat dari biografi seorang pejuang Amerika yakni Chris Kyle. Rasa-rasanya film ini mengingatkan saya dengan tema sejenis yang berjudul The  Hurt Locker,ada action,perang dan sedikit drama.

American Sniper

Chris Kyle diperankan dengan prima dan berbeda oleh Bradley Cooper,seorang penembak jitu yang bertugas sebagai marinir di Irak. Tugasnya memang tidak perlu capek-capek dan susah-susah mengotong-gotong senjata lalu berkonfrontasi langsung dengan musuh. Tugasnya memang bisa dibilang tidak sulit,tinggal membidik sesuatu yang mengancam dan melepaskan pelurunya. Hal yang membutuhkan kecermatan dan kesabaran.

Chris Kyle

Dibalik itu semua,Chris menyadari bahwa tugasnya seperti candu dan dilema. Berapa banyak nyawa yang telah ia jatuhkan dengan pelurunya?menurut film ini Chris seorang legenda,presisinya dalam sekali membidik sesuatu selalu tepat disasarannya. Diantara korbannya tak sedikit wanita dan anak-anak yang tewas ditangannya. Tapi apa mau dikata,itulah tugas yang harus diembannya.

I need you… to be human again. I need you here.

 

Hati kecilnya menyadari bahwa ada sesuatu yang melawan pada dirinya. Dan itu dipertegas setelah menikahi Taya Renae Kyle (Sienna Miller) lalu membuahkan dua orang anak. Ada kalanya Chris menganggap Taya tidak mengerti akan tugas suaminya,di sisi lain sang istri hanya menginginkan suaminya lebih menjadi ‘manusia’ terutama untuk keluarga.

 

You’re my husband, you’re the father of my children. Even when you’re here, you’re not here. I see you, I feel you, but you’re not here.

Film yang disutradarai Clint Eastwood ini bernuansa Amerika sekali. Walau memang maksudnya mengenang sang pejuang. Tapi dari film ini kita banyak tahu sosok seorang penembak jitu. Walau bagaimanapun,seorang legenda sniper juga manusia,ia memiliki keterbatasan dalam setiap tugasnya. Dan di film ini kita menyaksikan konflik batin yang kentara dan sadar dari sebuah resiko peperangan.

 

I’m ready. I’m ready to come home. I’m ready to come home baby!

Saya cukup takjub dengan penampilan Bradley,ia tampil maksimal sebagai seorang tentara dengan karakter serius bertampang Amerika.
Entah mengapa sepertinya Clint Eastwood boleh dibilang filmnya selalu menarik,kali ini bukan hanya unsur heroik tapi juga ada sejarah militer Amerika. Bagi Clint menyatukan drama dan action pada film ini menjadi satu bagian cerita yang pas,menjadi terlihat mudah.

 

God, country, family, right?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s