Cerita Cinta Indonesia 45 Cerpen Terpilih

Posted on Updated on

Kali ini giliran saya membaca kumpulan cerpen dari Gramedia Pustaka Utama. Ditulis oleh 45 penulis dan 45 tema cerita pendek beragam.
Pada beberapa cerita, jalan ceritanya menyenangkan,menghibur dan unik mungkin karena penulisnya sudah piawai dan selama ini karyanya sudah dikenal dan tak asing bagi pembacanya.
Tapi ada juga beberapa penulis yang namanya baru saya ketahui karyanya pada profil di kumcer ini. Dan lagi ada beberapa ceritanya mengarah ke genre teenlit,sayangnya hal itu membuat saya bosan.

Walau begitu ada kisah yang menurut saya bagus, diantaranya.

1. Ahmad Tohari – SK Pensiun. Bercerita seorang bapak yang sudah pensiun dari jabatan kerjanya lalu berkeinginan untuk menikah lagi. Walaupun ia digunjingkan macam-macam. Pada akhirnya niat apa dibalik kejadian itulah yang berhasil membungkam.

2. Alia Zalea – Celebrity Baby. Memiliki keturunan adalah sebuah anugerah dan kebanggaan terbesar. Maka pasangan yang pada akhirnya memutuskan untuk menambah momongan lagi dengan sepakat,hanya kebahagiaanlah yang kan datang.

3. Andina Dwifatma – Paman Kate. Kisah tragis paman Kate semasa hidupnya yang selalu bersikap emosi. Pada akhirnya ia mati ditangan istrinya sendiri.

4. Boim Lebon – Aku Rela Jadi Dangdutmu. Ini baru cerita sedikit lucu. Seorang pengamen bang Rhomi yang diharapkan istrinya bisa rekaman dan bisa masuk televisi.

5. Budi Maryono – Gerimis yang Ganjil. Sedikit romantis karena berlatar belakang pulau Bali. Seorang gadis penjaja kalung yang masih mengharap kedatangan seorang pemuda yang dulu pernah berjanji untuk kembali padanya.

6. Clara Ng – Nasihat Nenek. Bercerita tentang anak kecil yang melihat dunia dengan cara yang berbeda.

7. Debbie Widjaja – Tabula Rasa. Sebuah penyemangat bagi yang ingin tetap berusaha. Selama ini jalan hidup tokoh tidak sesuai dengan keinginannya sendiri tapi merupakan keinginan orangtua semata.

8. Dyan Nuranindya – Savana. Kisah tragis lain dari Savana yang ditinggal selingkuh oleh kekasihnya. Sedangkan Alang,abangnya sejak dahulu selalu diam saja. Keduanya dari keluarga yang sudah hancur berantakan.

9. Eka Kurniawan – Hachiko dan Luka yang Setia. Cerita seorang anjing yang terkenal dan setia bernama Hachiko dan diselingi dengan cerita Anita dan hubungannya dengan Hakim yang selalu bertengkar. Tapi selalu dapat bersatu kembali. Tapi saat Hakim ingin kembali pada Anita,Anita tak mengijinkan kesempatan tersebut. Pada akhirnya hanya sesal.

10. Ika Natassa – Muse. Setiap penulis membutuhkan sumber inspirasi. Raia membutuhkan Alam. Namun Alam tidak suka kehidupan rumah tangganya dituang ke dalam cerita. Pada akhirnya Raia kini buntu tak ada sumber inspirasi.

11. Iwok Abqory – Ojek. Tony seorang pengojek motor yang kena masalah dengan kebijakan pak lurah dengan meniadakan kendaraan yang lewat. Tapi dengan taktik Tony dan kawan-kawan senasib akhirnya masalah dapat selesai.

12. Jessica Huwae – Dua Garis. Pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan yang selalu bergiliran ditanyakan membuat seseorang merasa kesal,terganggu dan jenuh.

13. Ken Terate – Gelas di Pinggir Meja. Mitos seputar jalan hidup yang menjadi bumerang.

14. Luna Torashyngu – SMS. Seorang pemuda yang dinanti ibunya yang sedang sakit keras. Sang paman berusaha meng SMS tapi sang pemuda berusaha tidak membalas karena ingin membuat kejutan pada ibunya. Akhirnya kejutan itu memang terjadi disaat ibunyapun telah tiada.

 

Ditinggalkan orang yang paling kita cintai pun barangkali cuma ranting. Kita bisa menyingkirkannya,tapi akan selalu ada yang melintangkan ranting itu kembali di jalan. ” (M. Aan Mansyur – Gadis dan Pohon Jambu)

15. Maggie Tiojakin – Persepsi. Sebuah persepsi dari masing-masing objek,dari masing-masing cara pandang. Unik.

16. Marga T. – Apalah Artinya Nama. Frans ingin juga dielu elukan oleh pembaca novelnya. Tapi akankah ada yang percaya nantinya bahwa selama ini ia menggunakan nama pena Marga,nama istrinya.

17. Maria A. Sardjono – Life Begins At Forty. Kehidupan asmara tumbuh di usia ke 40 tahun. Menemukan kesempatan menuju hidup bahagia.

18. Mira W. – Janji Dalam Kotak Kosong. Janji seorang anak laki-laki pada ayahnya untuk bersedia mengasuh dan merawat adiknya yang ‘berbeda’. Hingga suatu masalah datang,kemanakah janji itu pergi?

19. Ratih Kumala – Bau Laut. Kisah unik seorang pemuda nelayan yang telah memiliki kekasih lalu disaat ia melau,hatinya terjerat pada sesosok perempuan cantik dengan ekor ikan yang menggeliat.

20. Retni Sb – Pilihan. Dikala sebuah pilihan hidup telah mantap terhalang oleh ketidaksetujuan dari pihak keluarga.

“Relakan apa yang sudah terjadi. Dan percaya bahwa jika sesuatu itu memang bukan milik kita,sekeras apapun kita menginginkannya,kita tidak akan mendapatkannya. Jika bukan rezeki,jangan dipaksakan. Tapi jika memang sesuatu itu rezeki kita,suatu hari kita pasti akan menuainya. Dan yakinlah Tuhan punya rencana yang lebih indah yang bahkan mungkin tidak pernah kita bayangkan.” (RisTee – Letting Go)

21. S. Mara Gd – Bukit Tengkorak. Dismas dalam keadaan tersalib,menceritakan pemuda disebelahnya yang juga tersalib tapi diperlakukan dengan cara yang lebih buruk. Tapi Dismas punpercaya bahwa kematian dan kebangkitan pemuda disebelahnya yang ia yakini.

22. Shandy Tan – Karma. Meiva tidak suka dengan kehadiran Arum di rumahnya. Disaat ia mengandung anak pertama dengan Edward. Tiba-tiba Arum menghilang. Dan kelahiran anak Meiva dan Edward menjadi karma bagi Meiva.

“Sungguh Tuhan Maha Besar,mengatur sedemikian rupa hingga seorang manusia bisa hidup dalam tubuh manusia lain,dengan tetap mendapat udara dan makanan. “

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s