Kedai 1002 Mimpi – Valiant Budi

Posted on Updated on

Membaca Kedai 1001 Mimpi karya sebelumnya dari Valiant Budi atau biasa dikenal Vabyo,antara percaya dan berkata masa’ sih?percaya karena yang diceritakannya berdasarkan pengalaman Vabyo sendiri saat bekerja sebagai TKI di negeri Arab sana. Tapi menurut saya bukan itu saja keterkejutannya dalam mengolah cerita. Vabyo selalu menceritakannya dengan santai,pasrah dan mengundang senyum.

Kedai 1002 Mimpi

Begitu pula kali ini di novel Kedai 1002 Mimpi,Vabyo tak kehilangan sentuhannya dalam menulis sebuah cerita. Cerita masa lalu dengan pahit getirnya kemudian dihubungkan dengan kejadian masa sekarang dimana ia telah bebas,bebas dari masa kelamnya.

Novel ini tidak lagi menceritakan kejadian selama ia bekerja di Arab. Tapi lebih kepada mengenang masa lalu. Beberapa kejadian sedih yang hingga kini terbawa mimpi. Lalu kejadian aneh bin lucu sampai cerita curahan hati dari kawan-kawan lama Vabyo.

Bahkan Vabyo juga menceritakan pengalamannya dikritik,dicaci dan diancam oleh oknum yang tak bertanggung jawab,orang-orang yang tak setuju dan tak percaya cerita Vabyo di novel nya. Tapi dari kritik dan ancaman tersebut sebetulnya ada keuntungan yang didapat yakni permintaan yang tinggi akan novel-novel Vabyo yang pernah ia tulis sebelumnya.

“Aku juga menata doa-doaku,meikmati setiap kata yang terucap di setiap permintaan,mencoba memasrahkam diri untuk segala cobaan” (hal. 188)

Setelah ia pulang ke Indonesia dan memutus kontrak sepihak dengan tempat ia bekerja,Vabyo mendapat pencekalan visa kerja selama 5 tahun. Yang artinya ia tak akan bisa bekerja lagi di Saudi Arabia. Tapi Vabyo malah senang dan lega akibat pencekalan itu,ia bahkan bahagia bahwa ia kemungkinan juga tak akan pernah mau kembali lagi kesana kecuali untuk beribadah.

Di Bandung Vabyo dan kakaknya mendirikan sebuah warung,yang dinamakan Warung Ngebul guna mengisi kesibukannya dan dapat melupakan kejadian pahit yang lalu.

“Lalu pada akhirnya pujian dan caci maki harus selalu ada,agar setiap kepala khilaf mendongak,kaki tetap berpijak” (hal. 324)

Novel kali ini memang lebih santai isinya,Vabyo hanya tinggal memutar balik kejadian di Arab lalu di sesuaikan dalam setiap kejadian dan kesempatan hidupnya sekarang. Ya,ini mungkin sebagai pelajaran juga bagi pembacanya. Bahwa kejadian yang pernah dialami Vabyo tidaklah mudah terlupakan dan terhapus begitu saja. Ia bahkan butuh ketenangan jiwa dan pikirannya sejenak. Entah itu dengan caranya minum obat penenang atau melakukan meditasi.

Padahal saya berharap dengan keahliannya menulis yang santai,novel berikutnya bisa lebih berbobot dalam isi cerita. Pengalamannya dalam merintis usaha warung Ngebul mungkin :))
O ya isi novel ini terdapat beberapa bonus cerita. Seperti Bonus Blog,Bonus Resep,Bonus Artikel yang menceritakan perjalanannya selama di London beserta tips-tipsnya.

Sebenarnya saya tetap suka dengan gaya tulisan Vabyo yang selalu berciri dan mengundang tawa.

Leave your country in search of loftiness and travel. For in travel there is five benefits:relief of adversity,earning of livelihood,knowledge,etiquette and noble companionship-Imam As Shafi (hal 325)

Iklan

2 thoughts on “Kedai 1002 Mimpi – Valiant Budi

    Ernawati said:
    11 Desember 2014 pukul 17:58

    kategori bacaan ringan ini.

      matureorchid responded:
      12 Desember 2014 pukul 08:04

      Ceritanya gak ada yang baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s