Autumn Once More (Kumpulan Cerpen Metropop) – Ilana Tan,Ika Natassa,Alia Zalea dkk

Posted on Updated on

Mengisi kekosongan sebelum membaca novel selanjutnya,saya membaca kumpulan cerpen (kumcer) “Autumn Once More”. Adakalanya kumcer yang kita baca ceritanya benar-benar menarik dan inspiratif namun kadangkala dari sekian banyak kumcer yang dihadirkan,sebagian besarnya bercerita klise. Seperti pada novel ini. Jadi yang menurut saya ceritanya menarik adalah;

Becareful What You Wish For (Alia Zalea)

Sebenarnya judul dan cerita seperti tidak ada hubungannya. Namanya seorang cewek yang sedang kesemsem dengan seorang cowok yang 1 apartment juga 1 tempat bekerja. Jadi sebenarnya ketertarikan dari jarak jauh. Lebih banyak bercerita dalam hati.

Thirty Something (Anastasia Aemilia).
Kalau yang ini penceritaannya agak dewasa. Seorang wanita yang terjebak oleh kesukaannya pada seorang pria yang diam-diam saling suka juga,namun karena perjodohan orangtua,sang wanita tak mampu membantah.

Stuck With You (Christina Juzwar).
Siapa yang mengira Lita,anak baru dalam sebuah pekerjaan dihari pertamanya terjebak dalam sebuah lift dengan bosnya yakni Ares dan rekan kantor lain,Harris. Tapi dari sering terjebaknya dalam lift tersebut Lita menjadi mengerti mana lelaki yang serius dan yang hanya mempermainkan dirinya.

 

Critical Eleven (Ika Natassa).
Sebuah perjalanan yang sering dilakukan menggunakan pesawat apalagi jarak jauh akan bervariasi bila kita bertemu dengan macam jenis orang terutama yang duduk di sebelah kita. Begitupun Tanya,yang merasa berkesan saat perjalanannya ke Sidney ditemani Ale. Dan Tanya kini merasa rindu akan kehadirannya.

“And don’t you just love the heterogenity of bookstores?
Toko buku itu bukti nyata bahwa keragaman selera bisa kumpul di bawah satu atap tanpa harus saling mencela. Yang suka fiksi,komik,politik,masak-memasak,biografi,travelling,semua bisa ngumpul di satu toko buku and find their own thing there.
Bookstores at least discriminative places in the world.”
―Critical Eleven – Ika Natassa hal. 93

Love Is A Verb (Meilia Kusumadewi).
Yang katanya cinta adalah sebuah kata kerja,bukan kata benda maka harus diwujudkan dan ditunjukkan rasa cinta tersebut. Maka saat Timal merasa Rangga kurang perhatian terhadapnya,ia kecewa dan dengan tanpa pikir panjang memutuskan hubungan. Namun setelah di pikir lebih banyak,ternyata sikap Rangga tidaklah seburuk itu. Selama ini ia cukup memberi perhatian dengan Timal hanya dengan caranya,yang memang orang lain maupun seluruh dunia dianggapnya tidaklah perlu tahu kegiatan percintaannya. Ceritanya menarik walau dari sisi Timal memang sedikit kekanakan.

 

The Unexpexted Surprise (Nina Andiana).
Bila kita sedang berada dalam situasi yang sudah nyaman maka bila ada sesuatu hal mengharuskan kita berpindah situasi rasanya yang terpikirkan adalah sungguh mengganggu. Begitulah yang dialami Mita saat ia harus menemani ibunya yang sedang ulang tahun di rumah,karena sang kakak yang biasa menemani tak dapat hadir. Namun,rasa yang dirasa Mita menyebalkan ternyata berujung manis terhadap ibunya 🙂

Keseluruhan,novel kumcer ini ceritanya variatif tapi terkadang ada sisi penceritaan yang tidak sesuai karena sang tokoh yang kekanakan dan berlebihan. Kembali lagi ini hanya kumcer,dimana penyelesaian suatu masalah dalam sebuah cerita harus segera diselesaikan.

Autumn Once More

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s