Mandela Long Walk To Freedom

Posted on Updated on

Film ini berkisah seorang pahlawan anti-Apartheid Nelson Mandela,Madiba begitu ia biasa disapa. Adalah sosok yang tak asing bagi dunia,seorang yang giat memerangi rasisme dan menghapus sistem Apartheid. Demi perjuangannya yang memang bisa dibilang butuh waktu panjang dan mengalami hukuman penjara selama 27 tahun,namun ia tetap mengedepankan sisi kedamaian dan tidak menggunakan kekerasan. Sungguh tokoh pemimpin yang patut dipuji dan sangat langka.

Sebelumnya saya pernah menyaksikan film tentang Mandela ini dalam cerita Invictus,dari film itu saya menyukai cara pandang Mandela mungkin karena filmnya juga yang mudah dicerna dan kebetulan saya menyukainya.

Sedangkan di film Mandela Long Walk To Freedom ini yang memang sebagian besar didasarkan dari otobiografi yang berjudul sama,dibuat atas dasar filosofi dari Mandela. Pembuatan film ini menjadi sangat serius dan lebih dalam menguak sisi kepemimpinan Mandela sejak masa mudanya hingga ia terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan pada tahun 1994.

Mandela dimainkan dengan intens oleh Idris Elba. Film dibuka di sebuah desa,Xhosa saat Mandela remaja dalam gerakan lambat,melakukan ritual kedewasaannya. Dari sana kita seperti di beritahu bahwa Mandela sejak remaja sudah memiliki cita-cita luhur dan mulia demi membanggakan ibunya.

Setelah dewasa,berpindah di Johannesburg Mandela sudah menjadi seorang pengacara. Pengacara yang membela ketidakadilan. Mandela pernah menikah dengan seorang perawat Evelyn Mase (Terry Pheto) dan dikaruniai seorang putra Thembi. Tak lama setelah Mandela semakin aktif terlibat di ANC (African National Congress),merekapun memutuskan berpisah.

Keterlibatan Mandela yang semakin dalam di ANC demi menghapus sistem apartheid. Simak saat adegan brutal apartheid terhadap kulit hitam,yang membuat kita yang menyaksikan mengasihani para korban.

“If they want a war, we will give them a war”

Kisah cinta Mandela kembali hadir,ia bertemu dan menikahi seorang wanita yang pemberani yang dikenalnya,Winnie Madikizela (Naomie Harris).
Keadaan semakin tak terkendali,singkat cerita Mandela dan rekan-rekan aktivis di ANC akhirnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Mereka diisolasi dan diasingkan di sebuah pulau yang jauh,pulau Robben. Betapa kita turut prihatin dan merasakan penderitaan Mandela yang terkungkung dalam terali besi. Simak adegan saat ia mendapat kabar putra satu-satunya telah tiada karena kecelakaan dan Mandela tak dapat menghadiri pemakamannya.

Tapi Mandela tetaplah seorang yang berpikiran positif dan maju ke depan. Tenaga dan pikirannya tetap bekerja. Seiring waktu ia masih dibutuhkan dalam rangkaian berpolitiknya.

Dalam film ini juga diceritakan sepak terjang Winnie saat ditinggal suaminya dalam penjara. Ia selalu setia mendampingi Mandela,selalu penuh semangat dan optimis akan nasib mereka. Winnie juga seorang wanita tangguh,pemberani dan memiliki tekad yang sama dengan Mandela. Namun ternyata jalan mereka tidaklah sama seperti dulu dan ini menyebabkan mereka berdua harus berpisah.

Mandela dibebaskan pada tahun 1990,ia tetap mengkampanyekan kebijakan damai demokrasi bagi Afrika Selatan. Peraih nobel perdamaian ini telah menjadi inpirasi bagi dunia. Dalam perjalanannya yang penuh liku menuju Afrika Selatan yang demokratis,dalam kisahnya ia juga merupakan sosok yang tak pendendam dan berhati bersih.

Nelson Mandela wafat di usia 95 tahun setelah menjalani perawatan karena infeksi paru-paru selama tiga bulan. Tapi dengan adanya film ini kita diingatkan kembali oleh kesetaraan. Ia adalah ikon perdamaian.
Sebuah film otobiografi yang menawan.

 

I have walked a long walk to freedom. It has been a lonely road, and it is not over yet. I know that my country, was not made to be a land of hatred.
No one is born hating another person because the color of his skin.People learn to hate.
They can be taught to love, for love comes more
naturally to the human heart.

 

Iklan

2 thoughts on “Mandela Long Walk To Freedom

    Ernawati said:
    21 Maret 2014 pukul 22:10

    Waah yg ini belum ditonton, kapan yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s