Mockingjay – Suzanne Collins

Posted on Updated on

“Menentang kebengisan Capitol.” (Hal. 87)

Katniss,ibunya dan juga Prim kini tinggal di distrik 13 yang aman dan nyaman,kebutuhan pangan dan tempat tinggal sudah tersedia. Serba teratur dan terjadwal,jadwal yang dimiliki harus dipatuhi. Tentu tak ketinggalan dengan Gale,Katniss kembali berteman dengan Gale hari-hari diisi kembali bersama teman kecilnya tersebut.

Di distrik 13 dipimpin oleh presiden bernama Alba Coin,Coin menawarkan Katniss sebagai Mockingjay. Katniss bersedia tapi dengan mengajukan beberapa syarat salah satunya,pengampunan terhadap Peeta yang masih ditahan di Capitol.

‘Pekerjaan’ Katniss sebagai lambang pemberontakan atau Mockingjay dimulai dengan sistem ‘rekaman’ yang akan disiarkan ke seluruh distrik. Disinilah Haymitch kembali datang turut mendampingi Katniss sebagai mentor. Rekaman Katniss yang pertama berada di distrik 8. Ternyata saat Katniss dan timnya berada disana mereka diserang oleh bom-bom dari pesawat Capitol. Tapi Katniss melakukan perlawanan.

“Bunga mawar. Mutt serigala. Para peserta. Hiasan kue lumba-lumba. Teman-teman. Mockingjay-mockingjay. Para penata gaya. Aku.  Semuanya menjerit malam ini dalam mimpiku. ” (Hal. 267)

Cerita terus berlanjut dimana saat Peeta berhasil diselamatkan dari siksaan di Capitol. Tapi kondisinya yang memburuk dan menyedihkan membuat Peeta bukan seperti Peeta yang dulu,bahkan ia membenci Katniss.

Menurut saya cerita Mockingjay kurang menarik dibanding dua novel seri sebelumnya. Tidak banyak konflik yang seru dan datar saja. Satu-satunya yang menurut saya cukup menarik ada pada bab-bab terakhir. Saat Katniss selesai melakukan pemberontakan dan masih ada kesedihan juga kebimbangan terhadap keluarga dan pemimpin distrik 13.

“Yang kubutuhkan adalah bunga dandelion pada musim semi. Warna kuning cerah yang berarti kelahiran kembali,bukannya kehancuran. Janji bahwa hidup bisa berlanjut,tak peduli seburuk apapun kami kehilangan. Bahwa hidup bisa menjadi baik lagi.” (Hal. 419)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s