Life Of Pi – Yann Martel

Posted on Updated on

Sebelumnya saya sudah menonton filmnya yang disutradarai dengan sangat bagus oleh Ang-Lee dan saya merasa penasaran bagaimana dengan bukunya,ternyata memang tak kalah bagus dengan filmnya bahkan menurut saya novel ini sangat bagus sekali nyaris tak ada kurangnya dalam bercerita.

Detail cerita yang dibalut dengan pola pikir cerdas tokoh utama yakni Pi,kadang dibumbui dengan sindiran dan cerita yang lucu entah dengan maksud mentertawakan Pi ataukah mentertawakan diri kita sendiri.

Saya rasa bukan hanya penulis yang berterimakasih terhadap Mr. Patel akan kisahnya yang mengagumkan,tapi saya merasa berterimakasih juga karena kisahnya yang mustahil adalah kisah hidup kita sebagai manusia seperti lautan yang tak berujung.

Kadang kita merasa jenuh,ingin berpaling namun kita juga merasa harus bersyukur dan tetap berada pada keimanan kita. Hidup terombang ambing hanya ditemani oleh “Richard Parker”. Harapan,kesedihan,rezeki,badai dan segala macam kendala ditemui,belum lagi ditinggal mati orangtua dan abangnya sendiri.

Piscine Moliter Patel adalah seorang pemuda dengan orangtua yang memiliki usaha kebun binatang di Pondicherry. Dalam suatu masa keluarga tersebut harus pindah ke Kanada beserta hewan-hewan kebun binatang. Menggunakan kapal Tsimtsum buatan Jepang.
Entah kenapa dan ada apa,kapal tersebut tenggelam.

Menyisakan seorang penumpang dengan seperangkat pakaian tipis dan sepatu sebelah,seekor harimau Bengal,1 sekoci,1 samudra dan 1 Tuhan.

Pi dan Richard Parker yang saling menjaga jarak dan saling pengertian membuat hidup di lautan luas semakin bermakna. Pergulatan bertahan hidup dan harus tetap berharap serta optimis membuat mereka saling menguatkan.

Kisah yang menarik,pengetahuan Pi terhadap hewan-hewan di kebun binatang ayahnya diceritakan dengan detail. Pencariannya akan Tuhan hingga ia memeluk 3 agama. Lalu petualangan hidup yang mengesankan selama kurang lebih 7 bulan hingga ia ditemukan dengan perasaan yang berkecamuk terhadap Richard Parker.

Kisah yang sayang dilewatkan,saya menyukai dan memilih kisah hidup yang ini….dengan Richard Parker tentunya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s