Life Of Pi

Posted on Updated on

Life Of Pi merupakan film adaptasi dari buku yang sama dari penulis asal Kanada ,Yann Martel.

Life_of_Pi_2012_Poster

Film ini berkisah mengenai seorang anak pemilik kebun binatang,Pi sendiri bernama asli Piscine Molitor Patel,namanya unik diambil dari sebuah nama kolam renang di Perancis J. Pi dimainkan oleh Suraj Sharma,sedangkan Pi saat tua dimainkan oleh bintang India yang tak asing lagi yakni Irfan Khan.

Cerita diawali oleh Pi dewasa yang menceritakan sosok saat  ia kecil bersama keluarganya,kebimbangannya dalam mencari sang Pencipta,lalu semasa sekolah dimana ia selalu diejek karena namanya,pertemuannya Anandi awal kisah cintanya. Hingga perjalanan terakhir bersama keluarganya.

Karena tuntutan ekonomi maka Pj beserta keluarga harus pindah ke Kanada dengan membawa seluruh hewan yang ada di kebun binatang menggunakan sebuah kapal barang Jepang. Sayang kapal asal Jepang itu tenggelam dihantam badai. Orangtua dan kakak Pi tak selamat hanya Pi yang selamat ditemani seekor Hyena,orang utan,Zebra serta seekor harimau Benggala bernama Richard Parker.

Lambat laun ketiga hewan mati hanya menyisakan Richard Parker. Maka Pi da Richard Parker terkatung-katung di Samudera luas berbulan-bulan nyaris putus asa mempertahankan hidupnya dan menemukan perjalanan spiritual.

Mungkin bila sutradaranya bukan AngLee menurut saya tidak akan menjadi sehebat dan seapik film ini. Penceritaan yang detail hidup Pi didukung susunan gambar yang mempesona yang secara visual terlihat indah. Film ini membuat penonton turut larut ke dalam sebuah cerita yang kompleks.

Bila ada kekuranganpun dalam film ini saya rasa akan tertutup dengan penampilan jalan cerita yang baik dan istimewa. Tidak lupa Original Score film ini yang terdengar merdu nan mendayu seperti dinina’bobokan sesuai dengan judulnya Pi’s Lullaby,dan berhasil menjuarai Oscar 2013.

Saya pribadi malah menyukai karakter Richard Parker,ya..seekor harimau buas,cuek lalu berbulan-bulan hidup dengan manusia yang secara langsung bukan ‘tuan’nya tapi tetap menjaga jarak. Sweet.

Pi’s Lullaby

Kanne

Kanmaniye

Kan urangayo kanne

Mayilo togai mayilo

Kuyilo koovum kuyilo

Nilavo nilavin oliyo

Imayo imayin kanavo

Malaro malarin amudo

Kaniyo kaniyin suvayo

  • English :

Oh my love

Oh the delight of my eyes

Would you not sleep my love?

Are you the peacock or the plumage of the peacock?

Are you the cuckoo or the cry of the cuckoo?

Are you the moon or the light of the moon?

Are you the eyelashes or the dream?

Are you the flower or the nectar?

Are you the fruit or the sweetness?

Life of pi

 

Pi : “Dan aku menangis seperti anak kecil. Bukan karena aku telah selamat. Aku menangis karena Richard Parker meninggalkanku …begitu saja. Membuatku patah hati.”

“Kau tahu ayahku benar Richard Parker tak pernah menganggapku sebagai teman. Setelah yang kami lalui,ia bahkan tidak menengok ke belakang.”

“Banyak yang telah kutinggalkan,keluargaku,kebun binatang,India,Anandi. Kurasa India dan semua kehidupan hanya masalah keikhlasan.”

“Tapi yang paling menyakitiku,adalah ketidaksempatan mengucapkan selamat tinggal. Aku tak pernah bisa berterimakasih pada ayahku atas semua ajarannya. Bahwa tanpa pelajarannya aku takkan selamat.”

“Aku tahu Ricahrd Parker harimau,tapi aku berharap mengucapkan : “

“Sudah berakhir,kita selamat. Terimakasih telah menyelamatkanku. Aku menyayangimu Richard Parker. Kau akan selalu bersamaku. Tapi aku tak bisa bersamamu.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s