My Name Is Khan Jun 1, ’10 3:41 PM

Posted on

for everyone
Category: Movies
Genre: Other
Selasa | 1 Juni 2010 | 15.00 WIB

Biar kata ini film berlatarkan lokasi di Amerika,tapi tetap saja unsur India itu tak terpisahkan. Dari durasi dan juga nyanyian “kemesraan” a la India hahaha…

Ceritanya,seorang pemuda Rizwan Khan (Shahrukh Khan) penderita Asperger’s syndrome sejak kecil,tinggal bersama adik dan ibunya. Walaupun menderita penyakit tersebut Rizwan memilki kelebihan bahkan pintar dalam beberapa hal,ia phobia terhadap warna kuning. Layaknya penderita Autis yang sulit untuk merubah rutinitas.

Plotnya maju mundur,jadi Rizwan ini menyusul adiknya di Amerika sepeninggal ibunya. Dan di Amerika inilah kehidupannya mulai bergulir. Ia bertemu dengan seorang wanita yang akhirnya ia jadikan sebagai istri. Mandira (Kajol) ini telah memiliki seorang putra. Di awal cerita kehidupan mereka digambarkan baik-baik saja.

Hingga tragedi WTC 9/11 yang membuat kehidupan keluarga kecil ini sedikit terguncang. Dari perlakuan yang tidak adil terhadap mereka hingga sang putra pun meninggal dengan penjelasan yang panjang.

Mandira merasa sedih dan marah. Ia mengusir Rizwan. Rizwan bertekad ingin bertemu dengan presiden. Menjelaskan bahwa ia bukanlah seorang teroris. Lalu perjuangan Rizwan ini diliput oleh stasiun TV dan menjalar ke media lain.

Heroiknya Rizwan ini mampu mengubah pandangan orang-orang apa dan bagaimana seorang muslim itu dan perbedaan dengan teroris.

Jadi ingat kisah seorang bernama (berbau) islam lalu pergi ke Amerika,sampai di bandara ia di interogasi macam-macam yang pasti adakah hubungannya dengan teroris lalu ditahan,dipersulit. Begitu juga kisah Rizwan ini saat di bandara.

Kalau diceritakan detilnya film ini maka bisa ikutan panjang,jadi tontonlah bila ingin tahu lebih jauh. Hanya ada sedikit kebingungan dengan timeline waktu di film tersebut. Yah,namanya film,apalagi film India yang mirip-mirip dengan sinetron kita. Happy ending,efek kebaikan yang menular dengan cepat alih-alih di kehidupan sebenarnya itu sulit di terapkan.

Ehm..ada sesuatu yang janggal saat Rizwan berbicara di gereja dengan Mama Jenny (Jennifer Echols) dan warga disana yang tentunya mereka tidak mengerti bahasanya Rizwan bukaan?
Dan begitu mudahnya Rizwan dan Mandira atau yang lain sesama orang India dapat menemukan teman sebangsa setanah airnya.
Lalu saat Rizwan begitu kuat tekadnya dalam mendapatkan uang,ia berupaya untuk memperbaiki apapun dalam panas terik dan hujan,masih sehat dan tetap bersih kembali Lagi-lagi..namanya juga film hehe…

Salut dengan akting Shahrukh Khan yang menjiwai karakter penderita Asperger’s syndrome. Jadi ingat aktingnya Dustin Hoffman (Raymond Babbitt) dalam film Rain Man sebagai penderita autis juga.

Jangan lupa soundtrack musicnya yang kurang lebih 10 menit itu (hehe..) dan ada di beberapa adegan enak juga kok dinikmati. Apalagi ditunjang gambar-gambar yang apik.

“My name is Khan, and I am not a terrorist.”

Tags:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s