Paris Pandora Jan 19, ’09 4:08 PM

Posted on

for everyone
Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: Fira Basuki
Monday | 19 Januari ’09 | 15.17 WIB

Ingat triloginya Fira yang Jendela-Jendela,Atap dan Pintu?Nah kalau baca Paris Pandora ini jadi ingat kisah di trilogi tersebut. Aku senang nih dengan tipe bacaan yang ada unsur magis atau spiritual diluar nalar seperti Saman,Bilangan Fu,Trilogi Jendela-jendela…apalagi yang pakai mikir.

Disini yang aku pikir ceritanya bener-bener mencari harta karun bak Indiana Jones,ternyata Fira menampilkan pencarian harta karun yang memang tak ternilai buat kita. Dan pencarian itu bukan seperti Indiana Jones tapi dengan Mencari yang hilang,Meminta dan Memberi lalu akhirnya Menemukan. Itu bagian judul dari Paris Pandora ada Mencari,Menghilang,Meminta,Memberi dan Menemukan. Sepertinya relevan dengan yang dialami manusia saat ini.

Mencari,diceritakan tokoh utama Astria ke Paris untuk keperluan pekerjaannya. Astria bertemu dengan Hugo (seekor Gargoyle)yang menceritakan tentang harta turun temurun dari Ratu Sima-nota bene keturunannya Astria juga, yang masih terjaga dengan aman. Di bab ini Astria tidak lupa menceritakan suasana kota Paris,menelusuri museum Louvre menceritakan sejarah2 tempat dan lukisan Monalisa yang ia temui.

Disini Astria bertemu Nogosari dan Mbah Puji..makhluk yang tak kasat mata bagi orang-orang tertentu. Lalu Astria juga sempat memimpikan Pak Harto lho seminggu sebelum wafat dan akhirnya melawat ke rumah Cendana segala..weleh..weleh..penceritaan yang pas.

Bab Menghilang,betapa aku ikut sedih dengan sikap Rizki (tunangan Astria) terhadap Astria,Jiwa seakan lepas tak tentu arah..meninggalkan diri dalam tanya dan koyak hiks…

Meminta,Disini Astria mengalami apa yang sering kita sebut guna-guna. Sempat di ruqyah segala lho,jadi diceritakan prosesinya..wah boljug nih..lalu ada kidung-kidung yang menolak hal-hal yang buruk,dalam bahasa jawa dan diartikan pula..hmm..artinya dalam lho. Beberapa petuah bijak muncul disini. Sepertinya yang berkesan di bab ini,Astria seperti jungkir balik dalam menghadapi masalahnya.

Memberi, “So many thing you can do with money if you know how to use it” kutipan dari WW (Wimar Witoelar) pada Astria.
Mengerjakan proyek Anyer palace WW yang online,mengalami duka mendalam karena Cindy sahabat yang dianggap adiknya,istri dari partner Astria-Toro,meninggal kecelakaan. Dan Astri merasakan firasat sebelumnya. Ucapan WW yang membuat pembaca juga merasa memiliki kebahagiaan yang dirasa.

Menemukan,Saat bahagia Astria dan rekan kerjanya Toro dalam merintis usaha bersama. Tidak menyangka sebuah usaha bisnis tapi dijalankan berdasarkan spiritual vertikal. Hubungannya dengan Rizki pun tanpa hambatan kembali.

Novel asyik,nuansa spiritual masa kini hehehe….walau rasanya judul dan sampul novelnya agak kurang pas. Pandora hanya sekelumit diceritakan. Lebih banyak sisi Astria dalam mencari dan menemukan “hartanya”.

Tags:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s