Maryamah Karpov Apr 6, ’09 10:51 AM for every

Posted on

for everyone
Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: Andrea Hirata
Monday | 06 April ’09 | 10.33 WIB

Menurutku novel yang ini menjadi biasa saja. Kurang menarik. Bisa jadi karena greget ingin membaca kisah selanjutnya sudah lama terlewati sejak membaca trilogi novel sebelumnya (Laskar Pelangi,Sang Pemimpi dan Edensor).

Di novel ini dibagi menjadi banyak Mozaik. Dan masing-masing mozaik sebagian hanya diceritakan sekelumit. Sepertinya sudah kehabisan cerita. Jadi kalau tidak kepanjangan dan kebanyakan mozaik mungkin intinya akan lebih menarik,munkin lhoo..

Ikal yang sudha lulus ini kembali ke kampung halamannya,Belitong. Lalu diceritakanlah,segala kehidupan di Belitong kini. Dari perjalanannya menuju Belitong,penyambutan kedatangannya bertemu keluarga hingga dokter gigi Ardiaz Tnuwijaya yang kontroversi karena sepi dari pasien.

Kemudian,pencarian Ikal menemukan kembali A Ling. Tanpa pengalaman sebagai pembuat perahu,ia nekat untuk tetap menyeberang mencari A Ling dengan perahu buatannya,perahu Asteroid dibantu oleh sahabat jeniusnya Lintang.

Dan mengalirlah,kisah Ikal dalam mencari A Ling dengan berbagai rintangan bak Pirates Carribean. Lalu kisah-kisah yang menurutku tak menarik adalah ajang taruhan dari tokoh-tokoh yang telah memiliki julukan. Yang sebenarnya julukan tersebut terkesan lucu,tapi kesannya jadi berpanjang-panjang dan membosankan. Julukannya diambil dari kegiatan dari tokoh-tokoh tersebut dalam pekerjaannya atau sifat mereka.

Rasanya,unsur penceritaan Andrea yang smart tidak banyak muncul di novel ini dibanding sebelumnya. Tapi,cerita lucu tetap ada,jadi mampu membuat pembaca tersenyum simpul.

Tags:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s