5 cm Jul 9, ’08 11:12 AM

Posted on

for everyone
Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: Donny Dhirgantoro
Wednesday : 9 Juli ’08 : 10.20 wib

“Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita,kamu taruh di sini,di depan kening kamu…jangan menempel. Biarkan… dia…Menggantung…Mengambang…5 Centimeter…di depan kening kamu….Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.”
(Maksud 5cm)

Adalah Arial,Riani,Zafran,Ian dan Genta yang meramaikan bacaan 5cm ini. Mereka yang menyebutkan sebagai Power Rangers.

Arial,tokoh terganteng diantara teman-temannya. Bertubuh atletis,tinggi dan item.

Zafran seorang penyair yang selalu bimbang,yang selalu tergila-gila dengan “individual post charismatic character”. Zafran percaya bahwa ia sebenarnya keturunan Achilles (film Troy) karena ia merupakan orang yang lain dari orang kebanyakan.

Ian,Tubuhnya bengkak sendiri. Fanatik terhadap sepak bola dan memiliki ritual memburu VCD porno.

Genta,Yang paling enak diajak bikin lagu atau puisi bareng,paling enak diajak ke Glodok atau main bola di PS,paling enak diajak curhat. Pokoknya Genta lah yang paling enak. Dan Genta diam-diam fans alias naksir berat dengan Riani.

Riani,Perempuan sendiri. Berkacamata,cerdas dan cantik.

Nah mereka berlima ini dari dulunya sudah sering dan selalu bersama-sama. Sampai suatu saat karena terdorong oleh rasa bosan diantara mereka. Mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Dan selama tiga bulan itu banyak hal terjadi pada mereka.

Setelah tiga bulan,pertemuan yang dipenuhi rasa rindu. Membuat suatu perjalanan yang tak terlupakan dan merubah banyak hal.
Mereka mendaki Mahameru.

Disinilah sebenarnya keseruan novel Donny. Penceritaan akan pemandangan,situasi yang mereka singgahi saat menuju Mahameru. Sejak dari Jakarta sampai malam-malam mereka di Ranu Pane,Arcopodo,Ranu Kumbolo hingga mencapai puncak siap melakukan upacara bendera di atas sana.

Kisahnya sebenarnya patriotik. Donny ini seorang yang hapal lirik lagu-lagu dan quote film ataupun tokoh. Tapi (untungnya) saya tahu banget (paling nggak pernah mengalami masa itu) tuh sama yang dikutip Donny di novel ini,jadi enjoy aja dan malah jadi sama-sama inget zaman dulu hehehe….

Di sini masing-masing tokoh gak ada yang jahat atau nakal-nakal. Kalau bandel-bandel sedikit sih ada. Tapi dasarnya ke 5 tokoh tersebut diciptakan Donny orang baik-baik. Isinya menyangkut kecintaan pada bangsa,tanah air,alam kita Indonesia.

Saat baca perjalanan mereka ke Mahameru yang asyik,rasanya jadi pengen ikutan kesana hehehe….

Tags:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s