To Kill A Mockingbird May 16, ’07 3:27 PM

Posted on

for everyone
Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: Harper Lee
Wednesday : 14.53 wib

Dari sampul buku sudah ditulis bahwa novel ini pemenang Pulitzer,merupakan novel klasik tentang kasih sayang dan prasangka,salah satu novel terbaik sepanjang masa versi Time Magazine.

Aku baca novel yang sudah diterjemahkan. Novel yang kuat,memikat dan penuh makna.

Kisah sebuah keluarga di tengah-tengah kehidupan dan masalah yang menerpa. Sang Ayah Atticus Finch dan dua anaknya,laki-laki Jeremy Finch (Jem) dan perempuan Jean Louise Finch (Scout). Dibuku ini cerita dipandang dari sudut pandang Scout anak perempuan Atticus. Harper Lee mampu menceritakannya sesuai dengan pikiran dan perasaan si anak pada masa itu dan masih relevan sampai sekarang.

Scout dan Jem yang bermain,bersekolah,bersosialisasi dengan lingkungan rumahnya di Alabama,Maycomb County. Aku salut dengan Harper,ia bisa menceritakannya dengan lancar. Kisah Scout dan Jem juga Dilly (temannya) yang penasaran apa yang dilakukan oleh Boo Radley di dalam rumahnya seharian penuh. Dengan kenakalan-kenakalan mereka,Atticus sang ayah dimana di dalam buku ini ia digambarkan seorang pengacara dan juga ayah yang bijak dan tenang.

Cerita pertama bergulir terus hingga cerita disaat Atticus harus membela seorang nigger yang dituduh memperkosa seorang gadis kulit putih. Pada era 60an memang nigger dipandang sebelah mata. Cerita yang menurutku cukup seru adalah saat Atticus menjadi pembela nigger tersebut di pengadilan. Ia bertanya kepada saksi-saksi dengan bagus sekali juga dengan gayanya yang khas dan mampu membuat para juri dan hakim (mungkin terbersit) berubah pikiran.

Dari sisi Scout kita mampu melihat Atticus betul-betul seorang ayah penyayang dan baik,ia jarang sekali marah. Scout kecil belajar bahwa kehidupan tidaklah selalu hitam putih,prasangka akan terus membutakan manusia. Dan memang novel ini dibawa kemanapun hingga kini agaknya masih relevan.

* “Tegakkan kepalamu tingi-tinggi dan tahan keinginanmu untuk memukul. Apapun yang dikatakan orang kepadamu jangan dimasukkan ke hati. Cobalah untuk melawan mereka dengan pemikiranmu…sebaiknya begitu,meskipun mereka akan terus melawan.” Nasehat Atticus kepada Scout,saat Scout diledek temannya disekolah.

* “Mereka memang berhak berpikir begitu dan mereka berhak untuk dihormati pendapatnya. Tetapi sebelum aku mampu hidup bersama orang lain,aku harus hidup dengan diriku sendiri. Satu hal yang tidak tunduk pada mayoritas adalah nurani seseorang.” Atticus berbicara.

* “Bukanlah hinaan kalau kita dipanggil dengan sesuatu yang dianggap orang nama yang buruk.” Atticus berbicara dengan Scout.

* “Keberanian adalah saat kau tahu kau akan kalah sebelum memulai,tetapi kau tetap memulai dan kau merampungkannya,apapun yang terjadi.” Kata bijak Atticus.

* “…Tetapi seseorang harus berbohong dalam keadaan tertentu dan harus selalu berbohong kalau tak bisa berbuat lain.” Harper Lee yang penuh makna..

* “Kau tidak akan pernah bisa memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya…hingga kau menyusup ke balik kulitnya dan menjalani hidup dengan caranya.”

Itulah Harper Lee..di novelnya aku menemukan kata-kata bermakna dan relevan. It’s Great novel !!
Tags:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s